banner 300250
BISNIS

RAPIMNAS KADIN INDONESIA SOROTI PEMBANGUNAN DAERAH DAN SDM

BATAM-Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara mengimbau anggota Kadin Kabupaten/Kota untuk fokus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam upaya mendorong pembangunan di daerah masing-masing.

Imbauan tersebut disampaikan Ivan disela-sela Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Kadin Indonesia 2017 yang berlangsung di Hotel Radisson Batam, Kepulauan Riau, Kamis (14/12/2017). Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani dan pengurus Kadin provinsi seluruh Indonesia.

Rapimnas II Kadin Indonesia 2017 dengan tema “Membangun Daerah dengan Meningkatkan Sumber Daya Manusia Untuk Memajukan Perekonomian Indonesia yang Berkeadilan”, merupakan momentum tepat untuk melakukan koreksi diri bagi pelaku usaha dan seluruh pemangku kepentingan untuk membangun dan meningkatkan perekonomian nasional.

“Agenda tahunan untuk menyusun program kerja Kadin di tahun 2018. Ini menjadi langkah strategis untuk melakukan perbaikan. Tidak hanya bagi Kadin saja, tapi semua pihak, termasuk pemerintah,” ujar Ivan.

Tantangan terberat saat ini adalah mencetak SDM unggul, berkualitas dan kreatif dalam membaca perkembangan jaman.

“Era sekarang ini, kita diharuskan mendorong SDM yang mampu melakukan inovasi sekaligus berani menelurkan terobosan-terobosan,” harap Ivan.

Jika tidak, ketimpangan ekonomi akan terus mewarnai perekonomian nasional dan daerah. Hal ini ditandai Indeks Gini Rasio tahun 2016 dan 2017 masih berkisar antara 0,40 hingga 0,41 untuk nasional dan kisaran 0,33 hingga 0,41 untuk daerah.

“Sementara dalam kurun waktu 2016 hingga 2017, perkembangan ekonomi Indonesia masih dalam trend positif dan stabil. Tahun 2015 misalnya, pertumbuhan ekonomi mencapai 4,88%, 2016 naik menjadi 5,02% dan tahun 2017 diperkirakan mencapai 5,1 persen,” papar Ivan.

Meskipun secara umum pertumbuhan ekonomi Indonesia membaik, namun capaian pertumbuhan yang berada di kisaran 5 persen itu tidak cukup mampu untuk menyerap kebutuhan angkatan kerja baru yang setiap tahunnya mencapai 2 juta orang.

“Kadin Sumut dan seluruh anggota di Sumut, kita harapkan ikut ambil peran dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Ini tugas dan tanggungjawab kita bersama,” tambah Ivan.

Tentu, hasil maksimal tidak akan tercapai jika tidak bergandengan tangan dengan pemerintah di daerah masing-masing. Tidak hanya Kadin, tetapi semua pihak harus saling dukung dan bersinergi.

“Rumusnya sederhana. Kita harus bersinergi dengan semua pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat. Mari focus pada peningkatan SDM agar perekonomian terdongkrak. SDM yang berkualitas, akan mendorong perekonomian berkualitas pula,” ujar Ivan optimis.

Sementara Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani mengaku, kendala yang kerap dihadapi Kadin dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi akibat belum bersinergi dalam harmonisasi kebijakan.

“Kebijakan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah belum sinkronisasi. Kita berharap, bagaimana kebijakan pemerintah pusat dan daerah itu bisa sama. Tujuannya agar tercipta iklim kinerja yang baik,” tagas Rosan.

Dalam sambutannya di Rapimnas II Kadin 2017 di Batam, Rosan juga berharap kebijakan yang dikeluarkan perintah pusat dan daerah, mampu menciptakan dan meningkatkan lapangan pekerjaan.

“Kadin pasti mendukung penuh kebijakan itu agar pertumbuhan ekonomi nasional makin membaik,” ujar Rosan. (rel)

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

banner 300250

ikuti kami

To Top