banner 300250
PENDIDIKAN

Program USAID Jadikan Guru Lebih Inovatif Kembangkan Metode

MAKASAR – Direktur Misi Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) untuk Indonesia berkunjungan ke sekolah untuk melihat implementasi program USAID PRIORITAS. Program ini merupakan kerjasama antara USAID dengan pemerintah daerah, Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), dan sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar.

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Maros Baru, Nur Ridhawati mengatakan bahwa kekonsistenan menerapkan metode-metode program USAID telah menjadikannya memperoleh juara kepala madrasah terbaik di Sulses pada tahun 2015.

“Pelatihan-pelatihan yang telah kami dapatkan mendorong kami untuk terus maju berkembang,” ujarnya.

Kemajuan tersebut juga telah membuat sekolah memperoleh banyak penghargaan yang lain. Selama tiga tahun belakangan, sekolah telah menerima 62 penghargaan (dan hanya 10 penghargaan saja selama periode sebelumnya yaitu antara tahun 1998 sampai 2012 sebelum bermitra dengan USAID).

Idrus, Kepala SDN Gunung Sari 1 Makassar, menerangkan bahwa sekolahnya juga menikmati jerih payah berkat komitmen mereka untuk penerapkan praktik pendidikan yang lebih baik. “Dengan menerapkan pendidikan aktif, manajemen berbasis sekolah, pertisipasi masyarakat dan juga budaya baca, kami baru saja menjadi juara satu lomba literasi se-kota makassar, yang menunjukkan membaiknya tingkat membaca di sekolah kami,” katanya.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Ismunandar, USAID PRIORITAS telah membawa peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. “Pembelajaran menjadi lebih relevan sesuai dengan konteks, lingkungan, dan kebutuhan siswa. Para guru menjadi lebih inovatif dalam mengembangkan metode, media dan sumber belajar untuk siswa. Para siswa juga lebih menikmati pelajaran mereka dan lebih banyak menghasilkan karya belajar dan membaca juga sudah lebih membudaya pada siswa,” katanya.

Bupati Maros, Hatta Rahman yang datang bersama Ketua DPRD Maros, A.S Chaidir Syam, Ketua Komisi III DPRD Maros, Haeriah Rahman, dan Kepala Kemenag Maros, Syamsudin, berharap program USAID PRIORITAS terus berlanjut. “Program ini sangat sesuai dengan fokus kami pada paruh kedua pemerintahan ini yaitu pengembangan sumber daya manusia. Saya menyaksikan sendiri siswa menjadi sangat antusias belajar dan guru guru menjadi kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Ini modal yang amat baik bagi pengembangan sumber daya manusia ke depan,”ujar Bupati yang berjanji akan mendesiminasikan program USAID PRIORITAS ke sekolah-sekolah lainnya dengan menggunakan dana APBD.

Program USAID PRIORITAS adalah program kerjasama lima tahun yang didanai oleh USAID. Program ini dirancang untuk membawa pendidikan berkelas dunia ke Indonesia.

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

banner 300250

ikuti kami

To Top