banner 300250
PENDIDIKAN

Kacaubalaunya Dunia Pendidikan di Tobasa, Guru Asyik Ngerumpi Siswa Gak Belajar

Tobasa | Inilah wajah pendidikan di Tobasa. Guru asyik ngerumpi sedangkan siswa/i dibiarkan di dalam kelas. Kejadian ini didapati awak media di SMK N 1 Sigumpar, yang berada di Kec Sigumpar, Toba Samosir, Kamis (26/1/2017) siang, sekira pukul 13.20 WIB.

Saat kru media ini tiba di sekolah tersebut hanya terdapat beberapa orang guru di dalam kantor, sedangkan kepada sekolah tidak ada di lokasi.

“Kepala Sekolah sedang rapat di Arjuna,” ujar salah seorang guru yang enggan menyebutkan namanya. Para guru juga enggan menemani kru media ini untuk sekedar melihat-lihat gedung sekolah. “Bukan wewenang kami itu Pak,” sebut salah seorang Pak Guru.

Akhirnya kru media inipun berkeliling sekolah untuk sekedar melihat-lihat dan mengamati kondisi sekolah tanpa didampingi guru atau penjaga sekolah. Mirisnya, kru media ini mendapati siswa di dalam kelas tanpa guru.

Saat ditanya, para siswa mengaku jika saat itu mereka sedang belajar bidang study TIK pada les 7-8 di kelas XII. “Kami belajar TIK, Pak. Ini les 7 dan 8, pak,” jawab siswa polos.

Saat ditanya kenapa gurunya tidak hadir, siswa mengaku jika mereka sudah memanggil guru, namun gurunya yang disebut berinisial JS sedang ada kerjaan.

“Sudah dipanggil Pak, katanya bapak itu ada kerjaan,” jawab siswa lagi. Anehnya, para guru justru terlihat asyik sedang ngerumpi di dalam kantor. Seorang guru bahkan sempat melarang kru media ini untuk mengelilingi sekolah.”Jangan asal masuk pak,” ujar seorang guru menegur kru media ini.

Mendapati kondisi ini, Ketua LSM GOTI (Goverment Transformation of Indonesian) Kabupaten Tobasa, Johan Pangaribuan, S.Pd mengaku sangat prihatin.

“Ini adalah kecacatan dalam dunia pendidikan. Kita berharap agar Kepala Dinas terkait maupun Bupati segera melakukan evaluasi di sekolah ini,” ujarnya yang melihat langsung kondisi tersebut. (alex)

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

banner 300250

ikuti kami

To Top