banner 300250
PROFIL

DEDI ISKANDAR BATUBARA Senator Asal Sumut

Sangbintang.com
Aktifis, santri dan sekarang menjadi Senator Indonesia. Itulah DEDI ISKANDAR BATUBARA, S.Sos., S.H., M.S.P. Senator yang terpilih dari Propinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI masa bakti 2014 – 2019. Menempuh pendidikan di lingkungan pesantren, dari tsanawiyah hingga menjadi Ketua OSIS di sekolah aliyah (sederajat SMU), Senator Dedi Iskandar Batubara menjalani hidup sebagai santri dan aktif di beberapa organisasi.
Dan setelah menjadi calon anggota legislatif di tingkat kabupaten dan propinsi di wilayah Sumatera Utara, pada pemilu sebelumnya, Senator Dedi Iskandar Batubara kemudian terpilih menjadi anggota DPD RI pada pemilu legilaslatif yang lalu.
“Saya memilih DPD, karena lembaga ini independen,” jawab Senator Dedi Iskandar Batubara sebelum mengikuti rapat paripurna DPD RI. Rapat ini untuk menentukan pimpinan DPD RI di MPR RI.
“Lembaga ini tidak berafiliasi pada partai manapun, meskipun ada orang partai yang terpilih menjadi anggota DPD RI.” Lanjut Senator Dedi Iskandar Batubara.
“Dan saya ingin menjadi bagian dari masyarakat Sumatera Utara yang tidak mengkotak-kotakkan diri. Sehingga apa yang diperjuangkan, hasilnya untuk seluruh masyarakat Sumatera Utara”.
Senator yang masih berusia 35 tahun ini juga menunjukkan sikap aktif dalam rapat atau sidang yang diadakan DPD RI dengan menyampaikan aspirasi dan pendapat di ruang rapat/sidang. Bahkan Senator Dedi Iskandar Batubara sudah mengetahui dan memahami kondisi yang dihadapi DPD RI saat ini.
“DPD RI ini harus diperkuat sebagai lembaga legislatif yang melaksanakan fungsinya sesuai aturan bikameral. Penguatan DPD RI ini harus dibangun bersama untuk bisa melaksanakan fungsinya. Dan rencana sidang umum MPR RI yang akan datang adalah melaksanakan amandemen guna memberikan hak-hak dan wewenang DPD RI dalam melaksanakan fungsi legislasi sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi.”
Untuk tugas keseharian yang akan ditempuh oleh anggota DPD RI, Senator Dedi Iskandar Batubara mendapat amanah untuk duduk di Komite IV yang membidangi keuangan, industri dan perbankan. Untuk itu, Senator Dedi Iskandar Batubara akan memperjuangkan pembagian keuangan antara pusat dan daerah yang berkeadilan.
“Selama ini, pembagian keuangan mengalami ketimpangan dan tidak adil. Dana dari daerah yang ditarik ke pusat dari berbagai sektor, kemudian dikembalikan ke daerah sebagai anggaran pembangunan masih sedikit. Akibatnya, pembangunan di daerah menjadi tersendat dan tidak dapat mengikuti laju peningkatan kebutuhan masyarakat akan pembangunan itu sendiri,” terang Senator Dedi Iskandar Batubara.” Ini tidak adil. Dana yang diberikan itu seharusnya proporsional. Dan untuk mencapai hal itu, keempat senator dari Sumatera utara, beserta senator lainya harus menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan DPR dan Pemerintah.
Pembagian yang adil, semestinya separuh-separuh atau 50-50.”
Senator Dedi Iskandar Batubara tidaklah lupa dengan kostituennya. Pada hari raya Iedhul Adha kemarin, yang hanya berselang sehari dari kesibukan rapat paripurna DPD RI, Senator Dedi Iskandar Batubara mengunjungi konstituennya, membagikan daging qurban dan memberikan pencerahan akan tugas yang akan dijalankan di DPD RI.(SBC/RLS)

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

banner 300250

ikuti kami

To Top